Kumpulan Cerita Dongeng, Rakyat, Asal Usul dan Cerita Legenda Indonesia

Wednesday, April 2, 2014

Asal Usul Nama Palembang

Selamat Datang Di blog Cerita Rakyat. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan referensi tentang Cerita rakyat Asal Usul Nama Palembang untuk kalian semua, Dongeng Asal Usul Nama Palembang Sangat menarik untuk di ceritakan kembali pada anak menjelang tidur.
Selamat Menyimak Kisah Asal Usul Nama Palembang

Ketika Putri Ayu Sundari dan pengiringnya masih berada di Bukit Seguntang Mahameru, ada sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di Pantai Sumatera Selatan. Penumpangnya adalah tiga orang kakak beradik, putra dari Raja Iskandar Zulkarnain.

Ketiga orang ini selamat dari maut, dan terdampar di Bukit Seguntang Mahameru. Mereka disambut oleh Putri Ayu Sundari. Salah seorang dari putra tertua Raja Iskandar Zulkarnai, yaitu Sang Sapurba kemudian menikah dengan Putri Ayu Sundari dan kedua saudaranya menikah dengan keluarga putri itu.

Karena Bukit Seguntang Mahameru berdiam di Sungai Melayu. Maka, Sang Sapurba dan istrinya mengaku sebagai orang Melayu. Anak cucu mereka kemudian berkembang dan ikut kegiatan di daerah Lembang. Nama Lembang semakin terkenal.

Kemudian, ketika orang hendak ke Lembang selalu mengatakan akan ke Palembang. Kata "pa" dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah atau lokasi.

Di sana, ekonomi bertumbuh dengan pesat. Orang-orang ramai berdatangan ke daerah tersebut. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin menjadi jalur perdagangan kuat terkenal sampai ke negara lain. Nama Lembang pun berubah menjadi Palembang.
Pengarang: Anonim

Cerita Legenda Asal Usul Nama Palembang- Terimakasih telah menyimak Kisah Tentang Asal Usul Nama Palembang. Jika anda merasa Cerita Dongeng Tentang Asal Usul Nama Palembang Menarik untuk anda, Silahkan bagikan kepada teman dan sahabat anda
Asal Usul Nama Palembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown